Pengertian Model Pembelajaran
Model pembelajaran diartikan sebagai
prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai
tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam
kegiatan pembelajaran.
Jadi, sebenarnya model pembelajaran
memiliki arti yang sama dengan pendekatan, strategi atau metode pembelajaran.
Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai macam model pembelajaran, dari yang
sederhana sampai model yang agak kompleks dan rumit karena memerlukan banyak
alat bantu dalam penerapannya.
1 EXAMPLES
NON EXAMPLES
Contoh Dapat Dari Kasus/Gambar Yang
Relevan Dengan
Ø Langkah-langkahnya :
·
Guru
mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
·
Guru
menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
· Guru
memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk
memperhatikan/menganalisa gambar
·
Melalui
diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut
dicatat pada kertas
·
Tiap
kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
· Mulai
dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan
yang ingin dicapai
·
Kesimpulan
2. PICTURE
AND PICTURE
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
·
Menyajikan
materi sebagai pengantar
·
Guru
menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
·
Guru
menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar
menjadi urutan yang logis
·
Guru
menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
· Dari
alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan
kompetensi yang ingin dicapai
·
Kesimpulan/rangkuman
3. NUMBERED
HEADS TOGETHER (KEPALA BERNOMOR)Spencer Kagan, 1992
Ø Langkah-langkah :
·
Siswa
dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
·
Guru
memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
· Kelompok
mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/mengetahui jawabannya
· Guru
memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil
kerjasama mereka
·
Tanggapan
dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
·
Kesimpulan
4. COOPERATIVE
SCRIPT (DANSEREAU CS., 1985)
Skrip
kooperatif : Metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan
bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang
dipelajari
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
membagi siswa untuk berpasangan
·
Guru
membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
·
Guru
dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa
yang berperan sebagai pendengar
· Pembicara
membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok
dalam ringkasannya.
· Sementara
pendengar : Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
· Membantu
mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau
dengan materi lainnya
·
Bertukar
peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta
lakukan seperti diatas.
·
Kesimpulan
Siswa bersama-sama dengan Guru
·
Penutup
5. KEPALA
BERNOMOR STRUKTUR (MODIFIKASI DARI NUMBER HEADS
Ø Langkah-langkah :
·
Siswa
dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
· Penugasan
diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang
berangkai. Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua
mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
· Jika
perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari
kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok
lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu
atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
·
Laporkan
hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
·
Kesimpulan
6. STUDENT
TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995)
Ø Langkah-langkah :
· Membentuk
kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi,
jenis kelamin, suku, dll)
·
Guru
menyajikan pelajaran
· Guru
memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.
Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam
kelompok itu mengerti.
· Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak
boleh saling membantu
·
Memberi
evaluasi
·
Kesimpulan
7. JIGSAW
(MODEL TIM AHLI) (ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES, AND SNAPP, 1978)
Ø Langkah-langkah :
·
Siswa
dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
·
Tiap
orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
·
Tiap
orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
·
Anggota
dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu
dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
·
Setelah
selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan
bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai
dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
·
Tiap
tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
·
Guru
memberi evaluasi
·
Penutup
8. PROBLEM
BASED INTRODUCTUON (PBI) (PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH)
Ø Langkah-langkah :
· Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan.
Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
· Guru
membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang
berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
· Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis,
pemecahan masalah.
· Guru
membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan
dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
· Guru
membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan
mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
9 . ARTIKULASI
Ø Langkah-langkah :
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·
Guru
menyajikan materi sebagaimana biasa
·
Untuk
mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
· Suruhlan
seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan
pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti
peran. Begitu juga kelompok lainnya
· Suruh
siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman
pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
·
Guru
mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
·
Kesimpulan/penutup
10. MIND MAPPING
Sangat baik
digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
· Guru
mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya
permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
·
Membentuk
kelompok yang anggotanya 2-3 orang
·
Tiap
kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
· Tiap
kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru
mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
· Dari
data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan
sesuai konsep yang disediakan guru
11. MAKE – A MATCH (MENCARI
PASANGAN) (Lorna Curran, 1994)
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok
untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu
jawaban
·
Setiap
siswa mendapat satu buah kartu
·
Tiap
siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
·
Setiap
siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal
jawaban)
·
Setiap
siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
·
Setelah
satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari
sebelumnya
·
Demikian
seterusnya
·
Kesimpulan/penutup
12. THINK PAIR AND SHARE (FRANK
LYMAN, 1985)
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
·
Siswa
diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
· Siswa
diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan
hasil pemikiran masing-masing
·
Guru
memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
· Berawal
dari kegiatan tersebutmengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan
menambah materi yang belum diuangkapkan para siswa
·
Guru
memberi kesimpulan
·
Penutup
13. DEBATE
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yg lainnya kontra
·
Guru
memberikan tugas untuk membaca materiyang akan didebatkan oleh kedua kelompok
diatas
·
Setelah
selesai membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk
berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
· Sementara
siswa menyampaikan gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan
di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
·
Guru
menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
· Dari
data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman
yang mengacu pada topik yang ingin dicapai
14. ROLE PLAYING
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
·
Menunjuk
beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum kbm
·
Guru
membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
·
Memberikan
penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
· Memanggil
para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah
dipersiapkan
· Masing-masing
siswa duduk di kelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati
skenario yang sedang diperagakan
· Setelah
selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja
untuk membahas
·
Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
·
Guru
memberikan kesimpulan secara umum
·
Evaluasi
·
Penutup
15. GROUP INVESTIGATION (SHARAN,
1992)
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
·
Guru
menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
· Guru
memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat
tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
· Masing-masing
kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
·
Setelah
selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan
kelompok
·
Guru
memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
·
Evaluasi
·
Penutup
16. TALKING STIK
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyiapkan sebuah tongkat
·
Guru
menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan
kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya
·
Setelah
selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup
bukunya
· Guru
mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan
pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap
pertanyaan dari guru
·
Guru
memberikan kesimpulan
·
Evaluasi
·
Penutup
17. BERTUKAR PASANGAN
Ø Langkah-langkah :
· Setiap
siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangannya atau siswa
menunjukkan pasangannya
·
Guru
memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
·
Setelah
selesai setiap pasangan bergabungdengan satu pasangan yang lain
· Kedua
pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling
menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
·
Temuan
baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan
semula
18. SNOWBALL THROWING
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyampaikan materi yang akan disajikan
· Guru
membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk
memberikan penjelasan tentang materi
· Masing-masing
ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan
materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
· Kemudian
masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu
pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua
kelompok
·
Kemudian
kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang
lain selama ± 15 menit
· Setelah
siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk
menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara
bergantian
·
Evaluasi
·
Penutup
19. STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat
pada rekan peserta lainnya
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
·
Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
. Memberikan
kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan
kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
·
Guru
menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
·
Guru
menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
·
Penutup
20. COURSE REVIEW HORAY
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
·
Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
·
Memberikan
kesempatan siswa tanya jawab
·
Untuk
menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan
dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
·
Guru
membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya
disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö)
dan salan diisi tanda silang (x)
·
Siswa
yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus
berteriak horay … atau yel-yel lainnya
·
Nilai
siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
·
Penutup
21. DEMONSTRATION (Khusus materi yang
memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyampaikan TPK
·
Guru
menyajikan gambaran sekilas materi yang akan dismpaikan
·
Siapkan
bahan atau alat yang diperlukan
· Menunjukan
salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
·
Seluruh
siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisa
· Tiap
siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa
didemontrasikan
·
Guru
membuat kesimpulan
22. EXPLICIT INTRUCTION (PENGAJARAN
LANGSUNG) (ROSENSHINA & STEVENS, 1986)
Pembelajaran
langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan
proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola
selangkah demi selangkah
Ø Langkah-langkah :
·
Menyampaikan
tujuan dan mempersiapkan siswa
·
Mendemonstrasikan
pengetahuan dan ketrampilan
·
Membimbing
pelatihan
·
Mengecek
pemahaman dan memberikan umpan balik
·
Memberikan
kesempatan untuk latihan lanjutan
23. COOPERATIVE INTEGRATED READING
AND COMPOSITION (CIRC) KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS (STEVEN
& SLAVIN, 1995)
Ø Langkah-langkah :
·
Membentuk
kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
·
Guru
memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
·
Siswa
bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan
terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
·
Mempresentasikan/membacakan
hasil kelompok
·
Guru
membuat kesimpulan bersama
·
Penutup
24. INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (LINGKARAN
KECIL-LINGKARAN BESAR) OLEH SPENCER KAGAN
“Siswa saling
membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan
singkat dan teratur”
Ø Langkah-langkah :
·
Separuh
kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
·
Separuh
kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
· Dua
siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi.
Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang
bersamaan
· Kemudian
siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di
lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
· Sekarang
giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian
seterusnya
25. TEBAK KATA
Ø MEDIA :
Buat
kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah
pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau
istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan
ditelinga.
Ø Langkah-langkah :
·
Jelaskan
TPK atau materi ± 45 menit
·
Suruhlah
siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan
· Seorang
siswa diberi kartu yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada
pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5×2 cm yang
isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau
diselipkan ditelinga.
· Sementara
siswa membawa kartu 10×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya
sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10×10 cm. jawaban
tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
·
Apabila
jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk.
Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan
kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
·
Dan
seterusnya
26. CONTOH KARTU
Perusahaan ini tanggung-jawabnya
tidak terbatas.Dimiliki oleh 1 orang Struktur organisasinya tidak resmi. Bila
untung dimiliki,diambil sendiri NAH … SIAPA … AKU ?JAWABNYA
: PERUSAHAAN PERSEORANGAN WORD SQUARE
Ø MEDIA :
·
Buat
kotak sesuai keperluan
·
Buat
soal sesuai TPK
Ø Langkah-langkah :
·
Sampaikan
materi sesuai TPK
·
Bagikan
lembaran kegiatan sesuai contoh
·
Siswa
disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
·
Berikan
poin setiap jawaban dalam kotak
27. TAKE AND GIVE
Ø MEDIA :
· Kartu
ukuran ± 10×15 cm sejumlah peserta tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda
dengan kartu yang lainnya, materi sesuai dengan TPK
·
Kartu
contoh sejumlah siswa
Ø Langkah-langkah :
·
Siapkan
kelas sebagaimana mestinya
·
Jelaskan
materi sesuai TPK
· Untuk
memantapkan penguasaan peserta tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk
dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
· Semua
siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap
siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh
·
Demikian
seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi
masing-masing (take and give)
·
Untuk
mengevaluasi keberhasilan berikan berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai
dengan kartunya (kartu orang lain)
·
Strategi
ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan
·
Kesimpulan
28. CONSEPT SENTENSE
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai
·
Guru
menyajikan materi secukupnya
·
Guru
membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen
·
Menyajikan
beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan
· Tiap
kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata
kunci setiap kalimat
·
Hasil
diskusi kelompok. Didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu Guru
·
Kesimpulan
29. COMPLETTE SENTENSE
Ø Media : Siapkan blangko isian berupa
paragraf yang kalimatnya belum lengkap
Ø Langkah-langkah :
·
Guru
menyampaikan yang ingin dicapai
· Menyampaikan
materi secukupnya atau peserta disuruh membacakan buku atau model dengan waktu
secukupnya
·
Bentuk
kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
·
Bagikan
lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh)
·
Peserta
diharap berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia
·
Bicarakan
bersama-sama anggota kelompok
·
Setelah
jawaban benar yang salah diperbaiki. Tiap peserta disuruh membaca
berulang-ulang sampai mengerti atau hapal
·
Kesimpulan
30. TIME TOKEN ARENDS 1998
Struktur yang
dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa
mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali
Ø Langkah-langkah :
·
Kondisikan
kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)
·
Tiap
siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap siswa diberi
sejumlah nilai sesuai waktu keadaan
·
Bila
telah selesai bicara kopon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap bebicara satu
kupon
· Siswa
yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus
bicara sampai kuponnya habis
·
Dan
seterusnya
31. PAIR CHEKS SPENCER KAGEN 1993
Ø Langkah-langkahnya :
·
Bekerja
Berpasangan
Bentuk tim dalam pasangan-pasangan dua siswa dalam pasangan
itu mengerjakan soal yang pas sebab semua itu akan membantu melatih
·
Pelatih
Mengecek
Apabila patner benar pelatih
memberi kupon
·
Bertukar
Peran
Seluruh patner bertukar peran dan mengurangi
langkah 1 – 3
·
Pasangan
Mengecek
Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingka jawaban
·
Penegasan
Guru
Guru mengarahkan jawaban /ide sesuai konsep
·
Penutup
32. KELILING KELOMPOK
Maksudnya
agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan
kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya
Ø Langkah-langkahnya :
· Salah
satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan
pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
·
Siswa
berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya
·
Demikian
seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari
kiri ke kanan
33. TARI BAMBU
Agar siswa
saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda
dalam waktu singkat secara teratur strategi ini cocok untuk materi yang
membutuhkan pertukaran pengalaman pikiran dan informasi antar siswa
Ø Langkah-langkahnya :
· Separuh
kelas atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar . Jika
ada cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah
siswa berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan
pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
·
Separuh
kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama
·
Dua
siswa yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi informasi.
· Kemudian
satu atau dua siswa yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung
lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini
masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa
dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan
34. DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO
STRAY) SPENCER KAGAN 1992
Memberi
kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lainnya.
Ø Langkah-langkahnya :
·
Siswa
bekerja sama dalam kelompok berempat seperti biasa
·
Setelah
selesai, dua orang dari masing-masing bertamu kedua kelompok yang lain
· Dua
orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi
mereka ke tamu mereka
·
Tamu
mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka
dari kelompok lain
·
Kelompok
mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
BalasHapusSistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.club
arena-domino.vip
100% Memuaskan ^-^