Rabu, 28 Mei 2014

Kesimpulan Model Pengajaran Presentasi



KESIMPULAN MODEL PENGAJARAN PRESENTASI

1.      Presentasi adalah salah satu bentuk komunikasi yaitu pertukaran pesan/informasi antara Anda dengan seseorang atau beberapa orang. Anda membawa informasi tersebut kemudian menyampaikannya kepada orang lain melalui sebuah saluran
2.      Konsep Dasar Pengajaran Presentasi
 merupakan model pembelajaran yang mengharuskan guru mempersipakan siswa sebelum mempresentasikan informasi baru yang bertujuan agar memperkuat dan memperluas pemikiran selama dan setelah mengikuti presentasi.
3.      Dukungan Teoritis dan Empiris
Beberapa pendukung teoritis dan empiris untuk pengajaran dalam presentasi meliputi konsep struktur pengetahuan, psikologi pembelajaran lisan dan psikologi kognitif.
4.      Presentasi memiliki beberapa tujuan,antara lain :
a.       Menginformasikan
      presentasi berisi informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. Presentasi semacam ini sebaiknya menyampaikan informasi secara detail dan jelas (clear) sehingga orang dapat menerima informasi dengan baik dan tidak salah presepsi terhadap informasi yang diberikan tersebut.
b.      Meyakinkan
      presentasi berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis sehingga menyakinkan orang atas suatu topik tertentu. Kondradiksi dan ketidakjelasan informasi dan penyusunan yang tidak logis akan mengurangi keyakinan orang atas presentasi yang diberikan.
c.       Menginspirasi
      presentasi yang berusaha untuk membangkitkan inspirasi orang.
d.      Menghibur
      presentasi yang berusahan untuk memberi kesenangan pada orang melalui informasi yang diberikan.
5.      Perencanaan dan Pelaksanaan Pelajaran Presentasi
a.       Perencanaan
Perencanaannya meliputi: pemilihan tujuan dan isi, kekuatan dan ekonomi, pemetaan konseptual, pengenalan pengetahuan awal siswa,pengembangan intelektual serta mendiagnosa pengetahuan siswa sebelumnya.
b.      Pelaksaanaan
Adapun pelaksanaan pengajaean presentasi adalah: menyampaikan tujuan pembelajaran, menyiapkan siswa, mempresentasikan materi yang akan dibawakan, serta memantau pemahaman siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar