Rabu, 11 Juni 2014

Rangkuman Pengajaran Konsep



1.           Pengajaran Konsep
Konsep memungkinkan individu untuk menggolongkan benda dan gagasan dan menarik aturan dan prinsip. Pembelajaran konsep penting di sekolah dan kehidupan sehari-hari karena konsep memungkinkan adanya saling memahami antara orang-orang dan memberikan dasar bagi interaksi lisan.
Tujuan dari pengajaran konsep terutama adalah membantu siswa memperoleh pemahaman konseptual dari pelajaran yang sedang dipelajari dan memberikan landasan bagi pemikiran tingkat tinggi.
Terdapat banyak pendekatan untuk pengajaran konsep, tetapi dua yang mendasar yaitu pendekatan presentasi langsung dan pendekatan pemerolehan konsep. Lingkungan pembelajaran untuk pengajaran konsep  mungkin digambarkan cukup terstruktur dan berpusat pada guru.
Sifat-sifat konsep yaitu:
a.     Konsep Dipelajari Melalui Contoh dan Bukan Contoh.
b.     Konsep dipengaruhi oleh kenteks social.
c.      Konsep Memiliki Atribut Penting dan Atribut Tidak Penting.
Aspek penting lain dari pengajaran konsep berasal dari bidang perkembangan manusia. Teori perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget dan Jerome Bruner penting bagi guru dalam hal pembelajaran konsep oleh siswa.
Melaksanakan pelajaran konsep meliputi:
a.     Menjelaskan tujuan dan membuka pelajaran.
b.     Pemakaian contoh dan bukan contoh dan pengujian atas pencapaian.
c.      Presentasi langsung.
d.     Perolehan konsep
Dalam pemerolehan konsep, siswa telah memiliki pemahaman akan konsep atau seperangkat konsep dan diminta untuk membuat keputusan apakah contoh tertentu merupakan contoh kelas. Pemerolehan konsep adalah proses induktif yang membantu siswa dalam megorganisasi data berdasarkan konsep yang sudah dipelajari sebelumnya. Guru yang menggunakan pendekatan perolehan konsep akan menggunakan tahap berikut ini :
a.     Memberikan contoh-contoh kepada siswa, sebagian merepresentasikan konsep dan sebagian lainnya tidak.
b.     Mendorong siswa menbuat hipotesis mengenai atribut-atribut konsep dan merekan alasan atas spekulasi mereka.
c.      Ketika siswa tampaknya mengetahui konsep tersebut, mereka menamai atau melabeli konsep tersebut dan menjelaskan proses yang mereka gunakan untuk mengidentifikasinya
d.     Guru memeriksa apakah siswa telah memperoleh konsep dengan menyuruh mereka mengidentifikasi contoh-contoh tambahan yang masuk kategori “ya” dan “tidak”


2.           Pengajaran Berbasis Inquiri
Inkuiri adalah suatu proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi dan atau eksperimen untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis.
Pengajaran berbasis Inkuiri menuntut peserta didik untuk berpikir. Pengajaran ini menempatkan peserta didik pada situasi yang melibatkan mereka dalam kegiatan intelektual. Meskipun pengajaran ini berpusat pada kegiatan peserta didik, namun guru tetap memegang peran penting sebagai pembuat desain pengalaman belajar.
Tujuan utama dari pengajaran berbasis inkuiri adalah pengembangan kemampuan berpikir siswa. Dengan demikian, pengajaran ini selain berorientasi pada hasil belajar juga berorientasi pada proses belajar siswa. Proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses interaksi antara siswa dengan siswa juga berinteraksi dengan guru bahkan interaksi siswa dengan lingkungan.
Langkah-langkah proses pengajaran berbasis inquiri:
a.       Orientasi
b.      Merumuskan masalah
c.       Merumuskan hipotesis
d.      Mengumpulkan data
e.       Menguji hipotesis
f.        Merumuskan kesimpulan

2 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    BalasHapus
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus